Senin, 27 April 2015

Pengertian WEB, DNS , DHCP Server dan Perbedaan DNS dengan WEB Server




Berbicara mengenai jaringan komputer apalagi yang berhububgan dengan server, maka kita akan mengenal berbagai istilah seperti Web Server, DNS server, DHCP Server, Mail Server, FTP Server dll. Dimana itu semua memiliki peranan dan kegunaan masing-masing dalam sistem jaringan komputer.

Nah!!! disini Ajari Komputer Akan berbagi tentang pengertian dan fungsi masing-masing dari istilah yang telah disebutkan diatas, namun disini Ajari Komputer hanya menjelaskan tentang Web, DNS dan DHCP Server aja, untuk kedua poin yang terakhir bisa dilanjutkan pada postingan selanjutnya. Mari simak pengertian dan fungsinya masing-masing.

Web Server
Web Server adalah sebuah software yang memberikan service/layanan data yang berfungsi untuk menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML.

DNS Server
DNS Server (Domain Name System) yaitu sebuah komponen yang digunakan untuk menerjemahkan nama domain dengan IP address atau sebaliknya. Dengan menggunakan DNS Server, maka akan mamudahkan user untuk mengingat alamat domain dari sebuah website daripada mengingat IP address dari domain yang akan diakses.
Protokol ini menyediakan IP address yang berbeda sebagai alamat dari satu komputer untuk dapat saling berkomunikasi. Alasan paling penting dari penggunaan DNS adalah karena kemampuan komputer untuk bekerja dengan IP address yang berupa angka-angka lebih baik dari kemampuan manusia untuk mengingat sederet angka-angka IP address tersebut. Untuk itu DNS digunakan untuk menerjemahkan IP address ke alamat domain atau sebaliknya.

DHCP Server
DHCP adalah kependekan dari Dinamyc Host Configuration Protocol yaitu sebuah layanan yang secara otomatis memberikan nomor IP kepada komputer yang memintanya.
komputer yang memberikan nomor IP disebut sebagai DHCP server, sedangkan komputer yang melakukan request disebut DHCP Client. fungsi DHCP adalah untuk memberikan nomor IP secara otomatis kepada komputer yang melakukan request.

Semoga postingan kali ini bermanfaat. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.








Filled Under:

0 komentar:

Posting Komentar